Penyebab Waktu Berjalan Sangat Lambat

Kalau pada postingan sebelumnya saya tulis mengenai "Alasan waktu itu berjalan dengan cepat", maka sekarang akan ditulis artikel dengan judul sebaliknya, yaitu "waktu yang berjalan dengan lambat".

Mungkin para pembaca sekalian pernah mengalami kejadian seperti diatas, yaitu merasakan waktu sangat lama sekali berlalu. Mungkin beberapa alasan dibawah ini bisa menjawab waktu yang berjalan lambat itu.

(1) Mendengarkan ceramah yang membosankan
Sering kan menghadiri ceramah dan ternyata pembicaranya tidak menarik, tidak komunikatif dan satu lagi tidak lucu. Ceramah tersebut akan terasa lama sekali dan rasanya pengen banget muter jarum jam biar ceramahnya selesai dari yang dijadwalkan.

(2) Kelas yang membosankan
Misalnya ada suatu pelajaran atau kuliah dan pengajarnya tidak asik, maka di dalam kelas hanya melihat jam saja kerjanya dan berharap waktu pelajaran cepat selesai.

(3) Tidak betah
Jika sudah merasa tidak nyaman berada dalam suatu situasi, kita akan merasakan waktu yang berjalan lambat. Misalnya anda diajak pergi oleh teman ke suatu acara dan diacara tersebut tidak ada satupun orang yang anda kenal, sementara teman anda asyik dengan yang lain. Perasaan tidak betah pun muncul dan harapan untuk waktu segera berlalu pun ada di pikiran, tapi malah terjadi yang sebaliknya yaitu waktupun terasa berjalan lambat.

(4) Menunggu hari bahagia
Contohnya bisa seperti ini, besok anda akan diajak pergi ke tempat yang selama ini diidam-idamkan dan merupakan tempat yang harus dikunjungi dalam hidup. Ketika beranjak malam dan mau tidur, anda terus berfikir mengenai proses perjalanan besok. Andapun tidak bisa tidur karena memikirkan hal ini dan sembari berharap waktu cepat berlalu. Tapi yang terjadi anda merasakan waktu berjalan lambat. Ketika sudah bisa tertidur dan kemudian terjaga, anda mengira waktu sudah pagi dan harus siap berangkat. Kemudian ketika melihat waktu, ternyata anda baru tidur satu jam. Kejadian seperti ini bisa terjadi 3 sampai 4 kali saking semangatnya menyambutnya hari esok. Dan yang terjadi adalah anda merasakan waktu berjalan lambat karena pagi terasa lama sekali.

Bagaiamanapun keadaan yang sedang dialami, kalau bisa yang dinikmati saja biar waktu tidak terasa berlalu. Semakin dipikirkan maka waktu rasanya akan lambat berjalan, betul ga?