Kehilangan data penting bisa menjadi suatu musibah bagi kita. Jika sudah hilang maka kita harus membuatnya lagi dari awal, sungguh melelahkan bukan? Segala tenaga dan pikiran yang dicurahkan untuk membuat data itu sirna sekejap karena hilang. Tidak mau kan mengalami seperti itu..
Untuk mengantisipasi kejadian hilangnya data penting, maka "backup" lah data kita. Backup disini dimaksudkan dengan menyimpan data kita ditempat berbeda dari yang sebelumnya.
Misalnya sekarang kita sedang membuat skripsi dan mempunyai banyak data penting dan kita menyimpannya di harddisk laptop. Langkah backup adalah menyimpan data ditempat lain selain harddisk, misalnya pada CD dan DVD, flashdisk dan lainnya.
Ketika data yang ada pada harddisk rusak atau hilang, kita tidak akan kebingungan lagi dalam mencari data karena sudah ada cadangannya. Backup data bisa dilakukan pada laporan kerja anda, laporan keuangan dan lain sebagainya.
Semoga bermanfaat ya..