Mungkinkah Laptop Nantinya Tidak Memakai Harddisk?


Perangkat komputer semakin lama menjadi semakin kecil dan lebih kecil lagi. Ini dikarenakan komputer harus bisa dibawa kemana-mana alias portable. 

Sekarang sudah muncul tablet, yaitu perangkat komputer kecil dengan layar sentuh dan sangat mudah dioperasikan. Perangkat penyimpanannya sendiri sudah tidak menggunakan harddisk seperti pada PC dan Laptop, yang digunakan adalah SD Card.

Penggunaan SD Card yang kecil tentu dimaksudkan untuk menghemat tempat dan bisa membuat tablet menjadi lebih kecil. Terus, apakah nanti perangkat komputer bisa tidak memakai harddisk ataupun SD Card?

Kalau melihat dari perkembangan teknologi penyimpanan saat ini berupa teknologi cloud, kemungkinan besar perangkat komputer bisa tidak memakai harddisk atau SD. Ini karena data dari user sudah disimpan pada "Cloud". Jika ingin mengambil data, tinggal "log in" saja ke tempat penyimpanan data cloud dan ambil datanya. Misalnya anda bisa menyimpan data di "google drive" dan sebagainya. Cuma untuk penyimpanan seperti ini harus memerlukan koneksi internet, kalau internetnya tidak stabil tentu menjadi tidak nyaman ketika memakainya.

Ya, mari kita tunggu saja bagaimana perkembangan dari teknologi perangkat komputer masa depan yang terus berkembang dan semakin canggih..