Tips Membuat Slide Presentasi

Sebelum tampil membawakan sebuah presentasi, maka perlu dipersiapkan slide presentasi yang baik. Slide presentasi yang baik akan menarik minat orang yang menyaksikan kita tampil di depan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat slide presentasi  agar terlihat baik dan menarik :

(1) Sederhana
Tampilan slide yang sederhana biasanya lebih enak dilihat daripada slide yang penuh dengan variasi. Slide yang sederhana akan membuat tulisan menjadi terlihat dengan jelas dan tidak dikalahkan dengan presentasi.

(2) Ada logonya dan konstan
Jika kebetulan sedang sekolah, kuliah, kerja, maka ada baiknya diisi dengan logo sekolah, kampus dan juga perusahaan dibagian atas dan tidak terlalu besar. Konstan disini maksudnya adalah slide 1, slide 2 dan seterusnya sama bentuk dan tampilannya. Tampilan dasar slide usahakan jangan berubah-ubah, atau templatenya sama untuk satu presentasi.

(3) Hurufnya mudah dibaca
Jangan memakai huruf yang membuat orang susah membacanya. Pakailah huruf yang mudah dan nyaman dibaca oleh semua orang.

(4) Isi dengan data pendukung
Jika memang memerlukan grafik, ada baiknya ditambahkan grafik dan lainnya.

(5) Isi dengan gambar menarik
Jika kebetulan menjelaskan tentang nyanyian, maka slide bisa diisi dengan animasi orang sedang menyanyi dan lainnya. Sangat mudah sekali mencari animasi ini di google.

Terakhir jangan lupa untuk latihan presentasi dulu sebelum tampil. Ini akan menambah kepercayaan diri anda. Nah selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya..