Tips Mempersiapkan Presentasi

Presentasi merupakan hal yang sangat sering dijumpai sekarang ini. Kalangan pelajar dan karyawan pasti sangat sering melakukan kegiatan ini. Presentasi dilakukan untuk menjelaskan mengenai tugas pelajaran sekolah, tugas akhir kuliah, rencana kerja organisasi, pencapaian kerja dan sebagainya.

Untuk membuat presentasi semakin menarik dan membuat orang yang mendengarkan tertarik, maka ada baiknya dilakukan beberapa persiapan atau tips dibawah ini :

(1) Slide presentasi yang menarik
Slide yang menarik akan membuat orang senang untuk melihatnya. Dalam slide tersebut bisa disisipkan animasi ringan yang berhubungan dengan apa yang disajikan.

(2) Buat alur cerita
Jalan cerita atau alur presentasi harus disiapkan dengan baik. Ini tujuannya agar orang lain mengerti dari awal sampai akhir dan runtut. Alur ini harus disesuaikan dengan halaman slide. Jangan sampai di slide pertama ngomongin A kemudian di slide kedua ngomongin D, kurang nyambung jadinya.

(3) Latihan sendiri
Sebelum tampil, latihlah membawakan presentasi sendiri. Omongkan sendiri apa yang akan disampaikan dan hafalkan langkah dan urutan presentasi. Ini agar presentasi menjadi baik dan lancar.

(4) Backup file presentasi
Untuk menghindari kerusakan, hilang dan lainnya, ada baiknya file presentasi anda dibackup atau dibuatkan salinannya di flashdisk, komputer teman atau CD. Tujuannya adalah ketika file aslinya hilang atau rusak, anda sudah mempunyai cadangan dan tidak mengacaukan mood dan perasaan sebelum memulai presentasi.

Ok, itulah beberapa tips untuk mempersiapkan presentasi agar berjalan dengan lancar dan sukses. Semoga bermafaat..