Alasan Mengapa Harus Hormat Kepada Orang Tua

Orang tua adalah orang yang harus kita hormati dan hargai dalam hidup ini. Bagaimana tidak, peran dan jasa orang tua bagi kita sangatlah besar dan disertai dengan pengorbanan yang luar biasa untuk mendidik dan membesarkan kita.

Marilah kita simak alasan-alasan mengapa harus hormat kepada orang tua :

(1) Melahirkan dan membesarkan kita
Ibu mengandung kita selama kurang lebih 9 bulan dan beliau memberikan pengorbanan yang luar biasa dalam rentang waktu 9 bulan itu. Kemudian saat melahirkan, rasa sakit yang luar biasa tidak beliau hiraukan demi kita dan ketika sudah lahir sampai besar, ibu dan ayah bekerja keras demi mencukupi kebutuhan-kebutuhan anaknya.

(2) Bekerja demi kita
Orang tua bekerja keras agar bisa menyekolahkan kita dengan baik sampai setinggi-tingginya, dengan harapan kita bisa mempunyai modal ilmu dan kemampuan untuk menghidupi diri sendiri dan keluarga kita kelak. Dan beliaupun tidak mengharapkan imbalan atas pengorbanannya itu.

(3) Menjaga kita
Coba ketika kita sakit, beliau akan dengan sukarela menjaga dan merawat kita agar segera sehat. Lihatlah betapa besarnya kasih sayang orang tua kepada kita.

Alasan-alasan diatas sudah mewakili banyak alasan lainnya untuk hormat kepada orang tua. Cara menunjukkan rasa hormat pun sangat mudah, yaitu dengan membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, cuci piring, mencuci pakaian, bertutur kata yang sopan dan ramah. Dan satu cara lagi yaitu dengan belajar dengan baik dan tekun, kemudian banggakanlah beliau dengan prestasi disekolah.