Tips Belajar Bahasa Asing Secara Otodidak/Sendiri

Belajar bahasa asing sekarang ini sangatlah perlu agar mempermudah pergaulan kita dengan orang dari berbagai negara. Bahasa utama yang harus dikuasai adalah bahasa inggris dan boleh dilengkapi dengan bahasa perancis, jerman, jepang dan lainnya.

Belajar bahasa bisa dilakukan lewat kursus atau menempuh studi yang berkaitan dengan bahasa tersebut. Namun jika kita tidak memiliki banyak waktu untuk kursus atau kuliah bahasa tersebut, kita masih bisa mempelajari bahasa asingnya dengan belajar sendiri.

Tips belajar bahasa asing secara otodidak atau belajar sendiri akan disampaikan disini dan langsung saja kita lihat :

(1) Jangan beli satu buku
Belilah dua atau lebih buku tentang bahasa yang sedang dipelajari. Usahakan ada satu buku yang membahas tentang tata bahasa (grammar) dan buku lainnya bisa berupa percakapan atau sejenisnya. Buku yang banyak akan memberikan kita banyak referensi dan pengetahuan. Hal ini akan semakin meningkatkan kemampuan kosakata kita.

(2) Baca berulang-ulang
Ketika baru pertama kali belajar bahasa asing, pastinya dirasa sulit. Ini sesuai dengan peribahasa "All begining is difficult". Tapi dengan usaha yang pantang menyerah pastinya kita akan bisa menguasainya. Baca buku tersebut dan jangan bebani diri sendiri harus menghafal beberapa kata, Just read it. Misalnya sekarang anda sedang membaca buku A pada halaman pertama sampai ketiga, nah baca saja ketiga halaman tersebut sembari mengenal artinya yang ada disamping bahasa aslinya.

Jika sudah agak bosan, letakkan buku tersebut dan lakukan kegiatan lain. Kemudian ketika ingin membaca lagi, bacalah dari halaman pertama sampai ketiga dan lakukan lagi dan lagi sampai anda mendapatkan pelajaran dari halaman pertama dan ketiga (ingat, tidak harus menghafal semua yang ada pada halaman pertama sampai ketiga). Kemudian lanjutkanlah dengan membaca halaman berikutnya dan ulangi ulangi ulangi lagi. Pengulangan inilah yang secara pelan-pelan menambah kosakata kita tanpa harus bersusah payah menghafal kata satu per satu. Sekali lagi, Just read it, baca saja...

(3) Ganti buku
Setelah membaca satu buku, bacalah buku yang lain dan lakukan ini secara bergantian. Buku satu dengan yang lainnya akan memberikan pandangan berbeda dari apa yang sedang dipelajari. Jangan sampai lupa melakukan langkah yang kedua ya, baca berulang-ulang.

Yang penting dalam belajar bahasa asing, kita harus tekun dan rajin serta semangatnya harus hidup terus. Jangan menyerah ditengah jalan dan percayalah apa yang dipelajari sekarang ini akan mendatangkan manfaat luar biasa ke depan. Untuk pengucapannya, bisa dilihat di internet melalui video atau audio yang bisa didownload.

Selamat belajar ya dan semoga sukses..