Awalnya Saya Tidak Suka Pemasaran, Tapi Akhirnya Salah

Dari dulu saya tidak terlalu menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan penjualan. Misalnya menjual barang atau sejenisnya. Saya lebih menyukai pekerjaan yang duduk di depan meja dan menuliskan sesuatu.

Dan kemudian akhirnya saya berkecimpung dalam pekerjaan mengajar yang mengharuskan diri untuk berpromosi kepada para orang tua walaupun masih secara manual. Kalau dari awal pekerjaan menjual hanya saya anggap untuk menyalurkan barang saja, namun akhirnya pekerjaan mengajarkan ini pun mengharuskan teknik menjual yang baik. Mengajar disini adalah menjual jasa. Namanya menjual ya harus berpromosi kan? Jadilah saya mulai  mempromosikan diri kepada para orang tua yang akan memakai jasa saya untuk mengajar anaknya les.

Teknik menjual yang saya lakukan adalah teknik yang kalem-kalem saja. Promosi tidak dilakukan lewat iklan apapun, hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut dan hasilnya sudah bagus sekali. Disamping promosi, saya juga terus mengasah kemampuan mengajar agar siswa senang dalam belajar dan mau belajar dengan saya terus. Kalau sudah begini, penilaian dimata orang tua akan baik dan bukan tidak mungkin mereka akan menceritakan kemampuan mengajar saya kepada teman-temannya. Nah, murid-murid baru pun akan berdatangan ke saya.. hehehehe..

Jadi marketing atau penjualan itu sangatlah penting, tidak peduli apapun pekerjaan anda, disana anda harus menguasai teknik ini...