Ayo Ketahui Beda Teh Dan Kopi

teh dan kopi
teh dan kopi
Kopi dan teh merupakan dua minuman yang sering sekali dikonsumsi oleh para penduduk dunia dan bahkan boleh dibilang sudah menjadi gaya hidup. Seperti yang ada di Jepang, minum teh pun ada upacaranya.

Para pembaca semua pasti sudah tahu perbedaan dasar dari kedua minuman ini, tapi apakah sudah mengenal perbedaan yang lainnya? Ayo kita simak dibawah ini :

1. Warna
Inilah perbedaan utama yang bisa dilihat dari teh dan kopi. Teh kebanyakan berwarna coklat agak kemerahan dan kopi tentu warnanya hitam (kebanyakan berwarna hitam, karena sekarang sudah banyak sekali jenis kopi seperti kopi susu, kopi putih dan lainnya).

2. Sumber
Teh dihasillkan dari daun tanaman teh sedangkan kopi dihasilkan dari biji tanaman kopi.

3. Teknik penanaman 
Kalau teh cenderung antar pohon ke pohon sangatlah rapat dan kalau dilihat dari jauh seperti bentangan karpet hijau yang luas. Kalau berkesempatan berkunjung ke kebun teh, coba deh perhatikan. Dan tanaman kopi tidak bisa di tanam rapat-rapat karena memiliki dahan serta ranting yang panjang.

4. Ukuran tanaman
Teh memiliki ukuran yang pendek jika dibandingkan dengan kopi. Tanaman kopi akan tumbuh tinggi dengan cabang yang kemana-mana.

5. Kehalusan serbuk
Serbuk kopi itu sangat halus dan serbuk teh cenderung memiliki tekstur yang lebih kasar.

6. Ada ampas atau tidak
Kopi jika diseduh biasa akan menyisakan ampas yang menempel pada bagian bawah cangkir, sedangkan teh tidak ada ampas karena sudah disaring ketika menyeduhnya. Sekarang sudah banyak kopi yang tidak ada ampasnya, seperti menyeduh kopi yang berbentuk sachet dan bisa dibeli di warung-warung dekat rumah.

Nah, apakah ada perbedaan dari kedua jenis minuman di atas yang belum para pembaca amati sebelumnya? Mudah-mudahan dengan tulisan ini bisa membuat anda sekalian mendapatkan pengetahuan lebih mengenai teh dan kopi. Semoga bermanfaat..