Media-Media Untuk Memahat Ukiran

Media Untuk Ukiran
Berbagai jenis ukiran bisa ditemukan dengan mudah sekarang ini, mulai dari pintu, gerbang rumah, cincin dan lainnya. Media yang digunakan pun bermacam-macam dan hasil kreasinya juga sangat menarik. Media-media tersebut antara lain :

1. Batu
Hasil kerajinan pahatan batu umumnya berupa patung. Kalau di Bali biasanya dijumpai di daerah Batubulan. Jika kebetulan ingin mencari patung dari batu di Bali, datang saja ke sana. Berbagai macam bentuk patung bisa dijumpai dan anda bisa memilihnya sesuai selera. Selain batu, ada juga ukiran yang terbuat dari paras. Paras ini umumnya digunakan sebagai ukiran untuk bangunan gerbang dan juga ukiran rumah.

2. Kayu
Kayu merupakan media yang banyak digunakan untuk memahat ukiran. Kreasi ukiran kayu antara lain : patung, ukiran pintu dan jendela, bingkai foto dan lainnya.

3. Logam
Ukiran logam biasanya digunakan oleh para pengerajin untuk membuat perhiasan. Misalnya kalung, cincin atau anting-anting. Logamnya bisa berupa emas, perak dan juga alpaka.

4. Es
Media ukiran dengan es biasanya ditemukan di negara yang memiliki musim dingin. Es bisa dipahat menjadi berbagai macam bentuk yang unik dan menarik. Festival pahatan es pun sering diadakan diberbagai negara dan mengundang decak kagum pengunjung.

Itulah beberapa media yang bisa digunakan untuk membuat pahatan ukiran..