Kenali Manfaat Baik Sampah

Sampah memang menjadi masalah sehari-hari bagi setiap rumah tangga. Ribuan ton sampah dihasilkan setiap hari dan harus selalu dicarikan cara alternatif yang baik untuk bisa mengolah sampah.

Banyak orang sudah melakukan usaha-usaha untuk mengelola sampah yang dihasilkan dari rumah tangganya dan berikut ada beberapa cara pengelolaan sampah yang bisa memberikan manfaat baik bagi kita.

(1) Kompos
Kompos adalah pupuk alami yang dihasilkan dari sampah-sampah organik seperti daun, sisa sayuran dan lainnya. Sampah organik ini diolah dengan cara tertentu untuk kemudian dibuat menjadi kompos. Penggunaan kompos sekarang sedang tren, ini karena masyarakat sudah semakin peduli dengan lingkungan. Dan juga hasil pertanian dengan menggunakan kompos lebih sehat dan aman bagi tubuh kita ( dikenal dengan pertanian organik ).

(2) Kerajinan tangan
Sampah plastik seperti bungkus kopi atau minuman lainnya bisa diolah menjadi hasil kerajinan tangan yang menarik, contohnya dijadikan tas. Ini akan mengurangi sampah plastik yang dibuang ke tempat sampah. Plastik adalah bahan yang sangat sulit diurai oleh tanah dan bisa membutuhkan ratusan tahun agar terurai. Lama sekali bukan?

(3) Bahan bakar listrik
Ini yang paling keren menurut saya, sampah dijadikan bahan bakar untuk menghasilkan energi listrik. Bayangkan jika semua sampah digunakan untuk menghasilkan listrik, penggunaan BBM bisa dikurangi dan juga masyarakat tidak perlu khawatir akan persoalan sampah yang menumpuk. Ini karena sampah akan segera dijadikan bahan bakar untuk listrik. Coba deh cari di internet, negara yang memanfaatkan sampah sebagai bahan bakar untuk menghasilkan listrik.

Sampah kalau dikelola dengan tidak baik akan bisa membuat lingkungan kotor dan mengganggu kesehatan masyarakat. Tapi sebaliknya jika dikelola dengan baik seperti contoh-contoh diatas, akan bisa memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Seperti mendapatkan penghasilan tambahan, membuat lingkungan lebih sehat dan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan energi untuk hidup kita.