Bahasa Sederhana yang Dimengerti Oleh Semua Orang di Dunia

Bahasa menjadi alat utama kita dalam berkomunikasi dengan sesama, baik itu dari satu pulau, satu negara ataupun antar negara. Untuk bahasa antar negara biasanya digunakan bahasa inggris sebagai bahasa utama. Jadi menguasai bahasa inggris sangatlah harus sekarang ini untuk memudahkan pergaulan dengan dunia luar.

Namun ada beberapa bahasa sederhana yang bisa dimengerti oleh semua orang didunia ini walaupun mereka tidak menguasai bahasa teman bicaranya. Bahasa tersebut adalah bahasa tubuh. Mau tahu apa saja? Ayo, mari kita lihat satu per satu :

(1) Memanggil
Dengan melambaikan tangan kepada seseorang, maka ia dengan mudah mengerti bahwa kita sedang memanggilnya.

(2) Mengatakan tidak
Dengan menggoyangkan telapak tangan ke kiri dan ke kanan beberapa kali, itu artinya bahwa kita tidak mau atau tidak suka.

(3) Katakan "Ya"
Caranya adalah dengan menganggukkan kepala bukan?

(4) Tidur
Dengan mencakupkan kedua tangan kemudian memposisikannya seperti bantal dan ditempatkan di kepala bagian samping.

(5) Makan
Dengan melakukan gerakan memasukkan tangan ke dalam mulut.

(6) Membungkuk
Memberi hormat atau mengucapkan terima kasih.

(7) Bersalaman
Tanda persahabatan atau senang bertemu dengannya.

(8) Tangan melambai
Tanda berpisah.

Ok, sekarang saya akan memberikan contoh bagaimana jika ada dua orang dari negara berbeda dan dengan bahasa yang sangat berbeda dan mereka tidak saling mengerti satu sama lain sedang berkomunikasi. Anggaplah mereka A dan B. 

A sedang membelah kelapa muda dan si B kemudian datang menghampiri. A menawarkan kelapa muda ke B dengan cara memberikannya dan B mengangguk tanda setuju. Kemudian si B pun minum air kelapa muda tersebut. A lagi menawarkan kelapa muda kepada B dan B menggerakkan telapak tangannya tanda tidak mau lagi karena sudah penuh perutnya dan si A pun mengerti. Kemudian si B pun membungkukkan badan tanda terima kasih dan si A pun membalasnya dengan membungkuk. Terakhir mereka pun saling bersalaman dan berpisah dengan melambaikan tangan.

Nah, bagaimana? Sederhana sekali bukan bahasa tersebut?