Cara Mencari Jurnal atau Paper Ilmiah di Internet

Bagi para mahasiswa dan juga siswa SMA dan SMP, tugas untuk membuat suatu karya ilmiah sering diberikan oleh guru atau dosen. Apalagi mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, maka jurnal ilmiah sangatlah diperlukan sebagai referensi.

Untuk mencari karya ilmiah atau jurnal ilmiah yang akan digunakan sebagai referensi bagi tugas, kita bisa mencarinya dengan mudah di internet dengan menggunakan google. Agar hasil pencarian lebih baik, maka penggunaan kata kunci sangatlah penting. Saya akan berikan caranya dibawah ini.

Misalnya kita sedang mencari paper atau jurnal yang berhubungan dengan "Pembuatan Pupuk", maka ketikkan kata kunci "make natural fertilizer pdf", atau "pembuatan pupuk kompos pdf".

hasil pencarian

Kemudian kita akan diberikan beberapa hasil pencarian oleh google. Tinggal dipilih saja mana jurnal yang akan dipilih, biasanya yang ada "pdf" di depannya. Kemudian, ingat untuk selalu menambahkan kata "pdf" ketika mencari jurnal ilmiah dibelakang kata kuncinya. Kita juga bisa menambahkan kata "paper atau jurnal" dibelakang kata kuncinya. Kata kunci yang dipakai bisa dalam bahasa inggris ataupun bahasa indonesia.

Jadi tipsnya adalah dengan menambahkan kata "pdf, paper atau jurnal" dibelakang kata kunci (contohnya bisa dilihat pada kalimat yang diberi background kuning di atas). Nah, semoga bermanfaat ya..