Pilih Mana, Usaha Produk Apa Jasa?

Dalam memilih suatu usaha, kita memiliki dua pilihan yaitu usaha produk atau jasa. Usaha produk artinya kita menghasilkan barang dan dijual kepada pembeli. Misalnya roti, nasi, meja dan semua yang berbentuk barang dan bisa dilihat. Sedangkan kalau usaha jasa berarti kita memberikan pelayanan kepada pelanggan. Misalnya jasa perbaikan televisi, perbaikan sepatu, jasa transportasi dan lainnya.

Kalau saya pribadi lebih menyukai usaha dalam bentuk jasa. Mengapa? Ok, begini. Saya kebetulan sangat senang mengajar murid-murid dan ini memberikan peluang untuk mengajar les privat dirumahnya masing-masing. Ketika akan mulai mengajar maka saya hanya perlu bersiap-siap satu jam sebelum waktu kerja. Setengah jam pertama untuk mandi, berpakaian dan mempersiapkan buku serta peralatan lain yang jumlahnya sangat sedikit. Setengah jam kedua saya gunakan untuk perjalanan ke rumah murid. Sampai dirumah murid pekerjaan langsung dikerjakan, yaitu mengajar. Inilah alasan saya lebih senang memilih jasa mengajar. Ketika diminta untuk mengajar, saya langsung bisa dalam waktu yang singkat dan tanpa persiapan lama.

Sekarang coba bandingkan dengan usaha produk. Misalnya jualan nasi. Si penjual nasi harus mempersiapkan barang dagangannya jauh lebih lama dari mengajar. Mereka harus ke pasar dulu membeli bahan makanan, kemudian memasaknya, setelah itu membungkus. Proses persiapannya memakan waktu yang lebih lama daripada persiapan mengajar, bisa 4-5 jam lebih awal. 

Inilah yang membuat saya lebih menyukai usaha jasa dan usaha inilah yang terus saya geluti sampai sekarang untuk mendapatkan penghasilan. Anda tentu bebas memilih usaha mana yang disukai, produk atau jasa. Itu tergantung dari hobi dan juga keinginan. Yang penting terus bekerja keras dan memberikan yang terbaik, maka apapun yang kita lakukan pasti akan membuahkan hasil yang baik juga.