Kompetisi-kompetisi Menarik Bagi Para Pelajar

Untuk lebih meningkatkan daya saing pelajar sekarang ini, maka perlu sering diadakan kompetisi-kompetisi agar pengetahuan mereka semakin meningkat. Misalnya adalah olimpiade matematika, fisika dan lainnya. 

Selain kompetisi tersebut, ada beberapa kompetisi yang juga menarik untuk dikembangkan lebih lanjut lagi.

Kompetisi tersebut antara lain :

(1) Mengolah barang bekas 
Kompetisi ini akan meningkatkan kreativitas pelajar dalam mengolah barang bekas menjadi barang yang bernilai tinggi dan bisa bermanfaat bagi orang banyak. Misalnya mengolah sampah plastik dan lainnya.

(2) Energi terbarukan
Banyak sekali sumber energi terbarukan yang ada dialam ini dan para pelajar bisa mencari energi alternatif lain melalui penelitian dengan timnya. Setelah itu baru penelitian mereka di kompetisikan dengan penelitian lainnya. Hasil penelitan mereka tentu memberikan manfaat yang luar biasa besar bagi pemerintah dalam mencari sumber energi alternatif lain.

(3) Mengurangi penggunaan plastik
Plastik sangat susah diurai dan bisa memberikan dampak negatif bagi bumi. Pelajar bisa melakukan penelitian bagaimana langkah atau produk apa yang bisa dibuat untuk mengurangi penggunaan plastik tersebut.

(4) Teknologi terapan
Teknologi terapan ini bisa berupa alat sederhana yang bisa memudahkan orang-orang dalam melakukan pekerjaannya. Misalnya dalam bidang pertanian, alat apa yang bisa digunakan petani untuk memanen padi dengan cepat dan menghasilkan bulir yang bagus dan lainnya. Temanya juga bisa dikhususkan agar alat yang dihasilkan semakin bervariasi. Misalnya tema sekarang adalah pertanian, maka para pelajar akan membuat alat yang berhubungan dengan pertanian.

Dengan adanya kompetisi semacam ini, maka pelajar akan mulai mengenal bagaimana melakukan penelitian dan pembuatan karya ilmiah yang menarik. Proses belajar juga akan menjadi semakin menyenangkan karena belajar tidak hanya di kelas dalam bentuk teori saja, tetapi juga praktek langsung ke lapangan yang akan semakin menambah pengetahuan pelajar. Penelitian-penelitian seperti ini bisa menjadi cikal bakal bagi negeri kita sebagai negara riset dan semakin diakui oleh dunia. Kemudian kedepannya Indonesia akan semakin memainkan peranan penting bagi perkembangan teknologi.

Ayo semangat terus para pelajar muda Indonesia dan bangun negeri tercinta ini..