Nilai Ulangan Jelek? Lakukan Ini

Nilai ulangan yang jelek adalah sesuatu yang ditakuti oleh semua murid. Kalau sudah ulangan jelek, maka hasilnya akan disembunyikan dan tidak diberitahukan kepada orangtuanya, kalau sudah bagus nilainya baru ditunjukkan ke orangtua.

Sebagai seorang siswa, kalau sudah nilai ulangan jelek, berarti ada yang harus ditingkatkan dari segi belajarnya. Untuk itu, para siswa bisa mencoba tips dibawah ini untuk semakin meningkatkan nilai ulangan yang jeblok.

(1) Belajar dan berlatih
Bacalah buku lebih sering lagi dan jangan sia-siakan waktu untuk bermain dengan teman, game dan lainnya. Kemudian latihlah setiap soal mengenai bab yang bersangkutan untuk mengujik kemampuan. Semakin sering berlatih maka hasilnya akan lebih bagus.

(2) Berani tanya
Kalau memang tidak tahu, ya tanya. Jangan memelihara ketidaktahuan. Kalau tidak berani bertanya di kelas, tanyalah guru ketika sedang dikantor atau ia sedang sendiri. Kalau masih malu, tanyalah kepada orangtua dirumah atau kakaknya. Dengan bertanya, maka siswa akan mendapatkan pencerahan mengenai masalah yang dihadapi.

(3) Review lagi
Setelah sampai dirumah sepulang sekolah dan sudah ganti baju serta makan, luangkan waktu 30 menit dulu untuk membaca ulang apa yang sudah didapatkan disekolah hari itu. Prioritaskan pelajaran mana yang perlu ditingkatkan, baca lagi dan terus baca. Kalau tidak mengerti segera tanyakan ke orang tua atau saudara yang lebih mengerti.

(4) Pantang menyerah
Kalau semangat belajar tinggi, maka sesulit apapun masalah yang dihadapi pasti akan ketemu jalan keluarnya. Jadi gunakan waktu yang ada sebaik-baiknya agar prestasi belajar meningkat.

Bermain sih boleh saja, asal tahu waktu. Jangan habiskan waktu dirumah dengan bermain dan tidur, itu tidak baik. Waktu luang yang ada dirumah sebaiknya diisi dengan kegiatan yang bermanfaat seperti belajar dan membantu orang tua. 

Nah, semangat belajar dan pantang menyerah ya adik-adik..