Tips Menghemat Baterai Smartphone

Awet tidaknya suatu baterai handphone atau smartphone tergantung juga dari cara kita memakainya. Oleh karena itu kita harus tahu bagaimana cara yang baik memakai smartphone agar baterai awet dan tahan lama.

Berikut akan saya berikan beberapa tips yang bisa membantu anda :

(1) Matikan koneksi data ketika tidak diperlukan
Koneksi data internet yang terus menerus dihidupkan akan membuat baterai cepat kosong. Jadi ketika sudah tidak dipakai lagi, lebih baik matikan koneksi datanya agar daya baterai tidak cepat habis.

(2) Lepaskan charger kalau sudah penuh
Smartphone sekarang sudah ada peringatan kalau baterai penuh akan muncul tulisan "dibebani". Namanya dibebani pasti berat ya dan tentu berpengaruh pada baterai. Jadi segera setelah baterai penuh langsung lepaskan charger. Jangan mengisi baterai ketika anda mau tidur dimalam hari, kalau sudah ketiduran smartphone bisa tercharge sampai pagi. Selain berpengaruh pada baterai, ini juga bisa memboroskan listrik.

(3) Jangan dihidupkan terus
Sesekali matikan smartphone sekali dalam 3 hari ketika akan beranjak tidur di malam hari. Kita juga istirahatkan smartphone biar tidak panas terus.

(4) Terlalu lama menelpun
Jika sering dipakai menelpun berlama-lama maka baterai bisa cepat turun performanya. Jika sering dipakai nelpun lama, baterai akan cepat panas.

Nah, itulah beberapa tips untuk menjaga baterai smartphone agar awet.. Semoga bermanfaat ya..