Cara Mengatasi Rutinitas yang Membosankan

Aktivitas sehari-hari yang itu-itu saja tentu akan membuat kita cepat bosan. Kalau sudah bosan, bekerjapun bisa menjadi malas dan menghasilkan pekerjaan yang kurang memuaskan.

Jika anda sudah mengalami hal seperti itu, maka bisa dicoba beberapa cara berikut ini untuk mengurangi rasa bosan tersebut.

(1) Menempuh rute lain
Jika anda pekerja kantoran atau bekerja ditempat yang agak jauh dari rumah, maka cobalah rute baru yang jarang dilalui. Dengan melalui rute baru ini, rasanya seperti mendapatkan semangat baru dan juga perasaan yang baru juga. Inilah yang saya alami ketika mencoba rute baru. Hati rasanya menjadi tambah segar dengan pengalaman baru dan gairah pun muncul lagi untuk bekerja.

(2) Kerjakan dengan cara berbeda
Misalnya dalam membersihkan halaman. Jika anda biasanya menyapun dari barat ke timur, cobalah sekarang dari selatan ke utara. Jangan tiap hari menyapu dari barat ke timur terus, inilah yang membuat bosan. Kemudian besoknya coba arah yang berbeda lagi, misalnya dari tenggara ke barat laut atau dari pojok satu ke pojok lain. Pokoknya biar berbeda terus setiap hari dan anda pun akan merasakan betapa gairah kerja itu muncul lagi dengan kuatnya.

(3) Carilah masalah
Inilah yang saya percaya bisa mengatasi rasa bosan dengan baik, masalah. Maksudnya adalah masalah yang berkaitan dengan pekerjaan kita sehari-hari. Masalah yang dihadapi banyak bukan? Bersemangatlah menyambut masalah tersebut dan buatlah inovasi menarik untuk menyelesaikannya. Dengan ini, bekerja menjadi sangat menyenangkan ketika berhasil memecahkan masalah dengan inovasi sendiri. Selanjutnya bagikanlah tips menyelesaikan masalah tersebut kepada teman-teman yang lain agar mereka juga mendapatkan manfaat dari hasil inovasi kita. Masalah yang diselesaikan bisa dimulai dari yang kecil-kecil dulu dan tidak harus melakukan inovasi yang besar. Contohnya : mengatur ruangan agar terlihat lebih luas, menggunakan bungkus makanan untuk membuat tas dan lain sebagainya.

(4) Antusias
Antusiaslah dalam menyambut pekerjaan kita maka semangat besarpun akan mengalir entah datang dari mana. Coba deh untuk selalu antusias bekerja dan rasakan perbedaannya..

Ok, itulah beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghilangkan rasa bosan dalam bekerja dan semoga ini bermanfaat bagi kita semua ya..