Tips Berkendara Disaat Hujan

Berkendara memang harus ekstra hati-hati agar kita selamat sampai tujuan. Apalagi kalau pas cuaca hujan, maka harus lebih ekstra hati-hati lagi. Ini karena kondisi hujan membuat jalanan licin dan kadang ada lubang yang tidak terlihat. 

Saya mau berbagi tips ketika berkendara disaat hujan, diantaranya adalah :

(1) Kecepatan motor pelan
Jaga kecepatan motor anda lebih lambat dari normal, karena kondisi jalan ketika hujan lebih licin.

(2) Pakai jas hujan
Kalau memang sudah musim hujan, usahakan jas hujan selalu ada di motor. Agar kita tidak kehujanan dan tidak basah.

(3) Pakai helm yang ada kaca
Kaca pada helm sangat bermanfaat melindungi muka dari terpaan hujan. Muka pun tidak sakit karena kena butiran hujan.

(4) Bawa sandal cadangan
Ini bagi para pekerja kantoran ya, sandal cadangan sangat penting. Mengapa? Ketika sudah tahu akan hujan, maka lepaslah sepatu dan taruh pada jok atau tempat yang terlindung dari hujan. Atau bisa juga dibungkus dengan plastik, pokoknya hindarkan sepatu agar tidak basah. Kemudian pakailah sandal ketika berkendara dibawah guyuran hujan. Setelah sampai kantor, barulah ganti sandal dengan sepatu. Jadi anda akan tetap merasa nyaman dalam bekerja tanpa khawatir kaki kedinginan karena sepatu basah. Ternyata masih banyak juga yang saya lihat memaksakan memakai sepatunya ketika berangkat kerja dalam kondisi hujan..

Berhati-hati dalam berkendara akan membuat kita nyaman dan aman dalam pergi ke tempat tujuan. Sebaiknya berangkat kerja lebih awal lagi agar tidak terburu-buru berangkatnya.