Matematika Itu Mudah Lho..

Sejak pertama kali mengenal matematika, saya selalu mendengar bahwa "matematika itu susah lho", dan kebanyakan teman-teman juga tidak begitu menyenangi matematika. Karena seringnya mendengar ucapan seperti itu, sayapun akhirnya menganggap matematika sangat susah. Dan ketika mendapatkan nilai 8 pada ulangan ini, saya sudah merasa sangat puas sekali. Tak terpikir waktu itu kenapa saya tidak mendapatkan 10 saja ya?


Ok, mengapa matematika itu sangat mudah. Pertama, coba deh perkenalkan hal-hal sederhana dan yang paling mudah dulu. Misalnya 1 + 1 = 2. Setiap orang yang ditanya pertanyaan ini pasti bisa menjawab dengan baik kan? Ini adalah bukti dari mudahnya matematika. Kalau semua murid sedari awal diberikan pengertian yang mudah-mudah dulu, maka mereka tidak akan menganggap matematika itu sulit lagi. Jika sudah bisa mengerjakan soal-soal mudah, maka kepercayaan diri akan muncul bahwa mereka bisa menguasai matematika dengan mudah. Jadi disini mengubah pola pikir dulu lah..

Kemudian ketika sudah terbiasa dengan yang mudah-mudah, baru ditingkatkan dengan yang agak lebih sulit. Tapi jangan langsung menuju soal yang sangat sulit ya. Disini kita harus terus menjaga persepsi bahwa matematika itu mudah dan jangan sampai mereka berfikir matematika itu sulit lagi. Kalau sudah merasa mudah, maka mereka pun akan senang belajar dan memasukkan pelajaran yang lebih sulit menjadi mudah nantinya dimengerti.

Masih mau bukti matematika itu mudah? Coba deh jawab pertanyaan dibawah ini :
  1. 1 +2 =
  2. 2 - 1 =
  3. 3 - 1 =
Soalnya cukup dulu ya, karena semua soal diatas pasti bisa kita jawab dengan baik. Maksud saya menulis artikel ini adalah agar kita tidak mengatakan matematika sulit lagi kepada anak-anak. Kalau mereka bilang sulit, bantahlah dengan soal-soal mudah diatas dan bangunlah kepercayaan dirinya. Kalau sudah percaya diri, soal yang sulitpun dilahap dengan baik kok..

Nah, mudah-mudahan membantu ya..